PERBEDAAN SYARIAH & FIQH
SUMBERSYARIAH : dari Wahyu Allah,
QS Al Jaatsiyah (45):18 ... Kami jadikan kamu berada di atas satu syariat (aturan) dari urusan agama itu, maka ikuti syariat itu (QUR'AN + SUNNAH), dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui
.... Hanya satu syariat yaitu : ALLAH
QS Asy Syuura (42):21 ... Apakh mereka mempunyai sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diijinkan Allah, sekiranya tak ada ketetapan yang menentukan (dari Allah) tentulah mereka telah dibinasakan
FIQH : berasal dari pemikiran/tafsir akal manusia
QS Al Mu'minuun (23):53 ... Kemudian mereka (pengikut-pengikut Rasul) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengn apa yang ada pada sisi mereka masing-masing.
QS Al Furqaan (25) : 30 ... Berkatalah Rasul : Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur'an ini suatu yang tidak diacuhkan.
KANDUNGAN
Kebenaran Syariah adalah MUTLAK (QOTH'I)
QS Al Baqarah (2) : 147 Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu
QS Ali Imran (3) : 60 (Apa yan gtelah kami ceritakan itu) Itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu.
Kebenaran berdasarkan FIQH adalah RELATIF
QS Yunus (10) : 36 Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran (sama sekali tidak bisa menggantikan sesuatu yang diperoleh dengan keyakinan)
MASA BERLAKUNYA
Syariah berlaku sampai dengan Hari Akhir/Kiamat (SEMPURNA/BAKU)
QS AL Hijr (15) : 9 Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Qur'an, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya (selamanya)
Fiqh berlaku TEMPORAL/LOKAL
Masa berlakunya pada waktu fiqh tersebut dimunculkan, diperlukan pembaharuan/tadjid
UNTUK SIAPA
Syariah diperuntukkan kepada UMAT MANUSIA SELURUHNYA/UNIVERSAL
QS Saba' (34) : 28 Dan kami tidak mengutus kamu melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai peringatan
Fiqh HANYA menimbulkan TAQLID bagi penganutnya
QS At Taubah (9) : 31 Mereka menjadikan orang alim & rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah dan juga mereka menuhankan Isa padahal mereka hanya disuruh menyembah Allah yang Esa.
KESIMPULAN : Jika mendapatkan perbedaan pendapat -->
QS Annisa (4) : 59 Hai orang-orang beriman, ta'atilah Allah & ta'atilah Rasul(Nya) dan Ulil Amri diantara kamu. kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (Sunnah),...
Definisi Ulil Amri terdapat dalam QS 5 : 55
yaitu : orang-orang beriman yang mendirikan sholat, menuaikan zakat dan tunduk kepada Allah.