BERBAGAI DOA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT DAN UPAYA MENGOBATINYA



Berobatlah, karena sesungguhnya Allah SWT tidak mendatangkan penyakit kecuali mendatangkan juga obatnya, selain satu yang tidak ada obatnya, yakni:Tua.


Doa Kesehatan Diri 
Allahumma ’aafinii fii badanii. Allahumma ’aafinii fii sam’ii. Allahuma ’aafinii fii basharii. Allahumma innii a’uudzu bika minal kurfri wal faqri. Allahumma innii a’uudzu bika min ’adzaabil qabri laa ilaaha illaa anta.
Ya Allah, sehatkanlah badanku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan selain-MU
(HR. Abu Daud)

Doa Mohon Kesembuhan
Innii massaniyadhdhurru wa anta arhamurraahimiin
(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang.
(QS, al-Anbiya’, 21:83)
 
As-alullhahai azhim an yasyfiyani syifaa-an laa yughaadiru saqaman
Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung agar menyembuhkan aku dan tidak menderita sakit lagi. (HR. Bukhari)

Allahumma innaa nas’aluka afwa wal’aafiyati fid dunyaa wal aakhirat.
Ya Allah limpahkan kepada kesehatan dan kesejahteraan di dunia dan akhirat. (HR. Bukhari)
 
Doa Mohon Kesembuhan untuk Orang Lain
Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa, isyfi antas syaafi, laa syifaa-a illa syfifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqaman
Ya Allah, Rabbnya manusia, hilangkanlah penderitaannya, sembuhkanlah karena Engkau yang Maha Penyembuh, tiada kesembuhan-Mu, dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit. (HR. Bukhari dan Muslim)
 
Doa akan Minum Obat
Bismillahirrahmanirrahim adzhibil ba’sa. Rabbann naasi isyfi antas syaafi laa syifaa a illaa anta. Allahuma innii as’alukal ’aafiyah
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang, ya Tuhannya manusia, hilangkanlah derita, sembuhkanlah. Engkaulah maha Penyembuh, tiada penyembuh kecuali Engkau. Ya Allah, hamba sungguh mohon sehat kepada-Mu (HR. Ahmad dan Nasai dari Muhammad bin Khatib)

Doa Selesai Minum Obat
Alhamdulillahil ladzii kafaanaa wa auraanaa ghaira makhfiyin waaa makfuurin
Segala puji bagi Allah yang telah memberi kepada kita kecukupan dan kepuasan yang tidak terabaikan dan tidak tertolak.
(HR. Bukhari dan Abu Umamah)

Doa Sukar Tidur
Allahumma ghaaratin nuju-mu whada-til ’uyu-nu ana hayyun qoyyun-mun, laa ta’khudzuka sinatun wala-na’um, ya hayyu yaa qayyuum ahdil lailii wa anim’ainii
Ya Allah, sunyilah semua bintang dan tenanglah semua mata. Dan Engkau adalah Tuhan yang hidup dan berdiri sendiri. Engkau tidak mengantuk dan tidur. Wahai Tuhan yang hidup dan berdiri sendiri, tenangkanlah malamku dan tidurkan mataku.
(HR. Ibnu Sunni dan Thabrani dari Zaid bin Tsabit)


Doa Mohon Sabar dan Ketenangan
Hasbiyallahu wa ni’mal wakiil, rabbanaa afrigh ’alaina shabran watawaffanaa muslimiin
Ya Allah yang maha mencukupi aku, dan yang sebaik-baiknya yang melindungi aku. Ya Tuhan kami curahkanlah kesabaran dalam hati kami dan jadikanlah kami mati dalam keadaan Islam. (HR. Bukhari dan Abu Dawud)


Doa Pasrah setelah Berusaha secara Optimal
Hasbunallahu wani’mal wakiilu ni’mal maulaa wani’mannashiir.
Bagi kami cukup Allah saja pelindung yang baik bagi kami tempat berserah diri yang baik bagi kami dan penolong yang baik bagi kami.