ADAB DI KALA MEMBACA BISMILLAH

Membaca Bismillah adalah buat mengambil berkat dengan Nama Allah SWT dalam melaksanakan sesuatu pekerjaan, apabila kita membaca Bismillah di permulaan Al-Fatihah. Maka hendaklah kita hadirkan didalam hati, bahwa kita mengambil berkat untuk membaca Al-Fatihah dengan Nama Allah SWT. Yang memerintahkan kita untuk shalat. Yang telah memberikan kita kesanggupan melaksanakan shalat. Yang mempunyai rahmat yang lengkap dan tertentu kepada siapa-siapa yang di kehendakinya, dari hamba-hambanya. Di Tangan Allah SWT sendirinya.

Adapun Kalimat “Bismillahirrahmanirrahim” terdiri dari 19 huruf, Kata Allah merupakan nama tuhan yang utama, kata Allah mencakup segala sifat-sifat-Nya, diantaranya “Ar-Rahman” yang maha pemurah, “Ar-Rahim” yang maha penyayang. Kita di sunnahkan untuk membaca Bismillah di setiap memulai. Suatu pekerjaan. Siapa yang memulai suatu pekerjaan dengan bismillah, akan membuat pekerjaan itu menjadi Baik. Karena dia berkata:
Dengan Kekuasaan Allah yang bersifat kasih dan sayang, dan pertolonganNya, pekerjaan ini, atau kewajiban ini dalam shalat yang saya lakukan dapat terlaksana dengan baik.

Firman Allah SWT:

Artinya: “Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al-Hasyr 59:22)


Allah:

DIalah Allah tidak ada tuhan selain hanya dia, dengan semua sifat sifatNya yang terkandung di masing masing namanya, tidak ada yang patut di sembah, di puji, di taati selain hanya Dia. Tidak ada yang benar-benar kuasa selain hanya Dia. Tidak ada yang benar-benar mulia, selain hanya dia. Tidak ada yang benar benar pengasih, penyayang, dan pemurah, selain hanya Dia dan dialah yang maha Segala-galanya.

Ar-Rahman dan Ar-Rahim

Ar-Rahman dan Ar-Rahim adalah dua nama Allah yang paling banyak tersebut di dalam Al-Qur’an, sesudah Allah. kalau kalimat Allah tersebut dalam Al-Qur’an 2696 Kali, maka Kalimat Ar-Rahman dan Ar-Rahim Kira-kira 800 Kali Keduanya, berasal dari kata Rahima atau Rahmat, keduanya berartipemberi Rahmat atau Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pemurah.
           
Ar-Rahman mengandung arti yang Ia memberikan Rahmat kepada seluruh makhluk-Nya dengan tiada pilih kasih, dengan tidak membeda-bedakan antara makhluk berakal atau tidak. Antara Makhluk-Nya manusia yang baik atau yang jahat, yang iman atau yang kafir. Tetapi Rahmat yang dikasihkan itu ialah merupakan Rahmat-Rahmat yang kecil, yakni merupakan hidup, susunan tubuh, makan minum, kesehatan dan kekayaan dan lain-lainnya. Yaitu bermacam-macam Rahmat yang hanya selama hidup di dunia ini saja.
           
Sedang Ar-Rahim berarti yang Ia (Allah) memberikan rahmat-rahmat besar, rahmat yang tak dapat dinilai dengan seluruh harta dan kekayaan, Rahmat yang kekal atau abadi. Rahmat yang bukan merupakan hidup, susunan tubuh, makan minum, kesehatan, kekayaan saja, tetapi rahmat-rahmat yang merupakan jalan yang lurus (Sirathalmustaqim), perasaan bahagia yang sumbernya Iman, perasaan cinta terhadap Allah SWT, Rasul-Rasul-Nya, dan ajaran-ajaran-Nya yang tertara dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW.

Akhirnya rahmat besar yang menjadi induk segala rahmat ialah surga Jaunatun Na’iim, dan lain-lain. Rahmat besar yang abadi dalam kehidupan akhirat kelak.

Untuk Itulah kita disunnahkan membaca Bismillah dalam setiap memulai suatu aktifitas, baik makan, minum, tidur, berangkat kerja, apalagi didalam melaksanakan Ibadah Shalat. Membacanya tidak perlu di jaharkan, cukup terdengar oleh diri sendiri. (di siirkan)